Hitung Cepat Tidak Selalu Baik Bagi Setiap Anak

dampak hitung cepat matematika tk sd smp sma

Jika anak dapat berhitung dengan cepat, pasti semua orang tua merasa senang dan bangga. Mungkin bagi sebagian kecil anak hal itu merupakan kebaikan. Namun, bagi sebagain besar anak mungkin saja hal itu menjadi sesuatu yang bersifat sementara. Sekarang diajari, lusa atau paling tidak pekan depan sudah melambat lagi jika anak lupa caranya.

Menguasai teknik hitung cepat tidak selamanya baik dan benar bagi sebagian anak. Hitung cepat menjadi bermanfaat bagi anak jika anak sudah memahami Dasar-Dasar Aritmetika (bagian awal yang harus dipelajari anak jika akan menguasai Matematika yang lebih kompleks). Dasar-dasar Aritmetika ini harus dipelajari dengan BAIK dan BENAR. Baik artinya penyajiannya dalam proses belajar harus saling menghargai pendapat guru dan siswa. Mungkin saja siswa memiliki logika lain yang lebih baik dibanding gurunya. Siapa tau? Hal itulah yang harus dihargai guru.

BENAR artinya konsep angka dan bilangan harus diberikan dengan benar, bukan trik sesaat. Terutama anak harus kuasai dengan BENAR Nilai Tempat (Place Value) agar anak paham betul mana Satuan, Puluhan, Ratusan, Ribuan dan seterusnya.

Anak-anak yang baru belajar berhitung, sebaiknya diajarkan fundamentalnya dengan BAIK dan BENAR. Fundamental atau Dasar-Dasar Berhitung Matematika adalah ilmu yang sangat mendasar. Tak mungkin anak tak paham. Kecuali jika guru memberikan ilmu ini dengan terburu-buru atau sekedarnya.

Langkah-Langkah Mengajar Berhitung yang Baik dan Benar

Langkah pertama yang harus dipahami anak dalam belajar awal dasar Matematika adalah MATEMATIKA NON BAKU. Artinya Matematika tanpa angka terlebih dahulu. Langkah kedua jika langkah pertama sudah paham betul. Baru beralih ke langkah berikutnya, yaitu MATEMATIKA BAKU. Jika langkah pertama belum paham, maka ulangi terus-menerus hingga anak paham di langkah pertama.

Sebab jika anak belum paham di langkah pertama, jika Anda sudah beralih ke langkah dua, maka dipastikan anak tidak paham dan tidak dapat menguasai Matematika dengan BAIK dan BENAR di Kelas 3 SD nantinya. Jadi pertimbangkanlah dengan serius setiap langkah.

Terapi Matematika Sebagai Salah Satu Alternatif

Salah satu cara terbaik mengajarkan agar anak dapat memahami dan menguasai Dasar-Dasar Matematika dengan BAIK dan BENAR adalah dengan melakukan Terapi Matematika. Hal ini bisa Anda lakukan sendiri di rumah, sebab orangtua adalah guru utama dan pertama anak dalam belajar apapun. Namun jika Anda tidak memiliki waktu yang cukup untuk memahamkan Matematika Basic pada anak, kami siap membantu.

Kami berada di :

  • HOME | Terapi Matematika
  • Ruko WOW Blok AP 2/2, Jl. Raya Sawojajar, Kota Malang 65139, Jawa Timur, Indonesia
  • Fast Respon, Kontak WA 0831.6493.3132

Kami perlu melakukan Observasi dan Diagnosa pada anak Anda. Observasi dan diagnosa ini sangat penting untuk:

  • Mengetahui dengan pasti apa KELEBIHAN dan KELEMAHAN siswa pada pelajaran Matematika
  • Mengetahui dengan pasti apa yang menjadi PENYEBAB UTAMA siswa lemah di pelajaran Matematika
  • Menentukan strategi TERAPI MATEMATIKA yang tepat guna bagi siswa

Berdasarkan hasil Observasi dan Diagnosa itulah kami dapat mendiskusikan dengan orangtua siswa tentang strategi yang tepat untuk memulai Terapi Matematika.

Anak akan diterapi Matematika tentang Dasar-Dasar Angka dan Bilangan secara menyeluruh dan mendalam sehingga anak akan memahami dengan BAIK dan BENAR. Jika anak sudah dapat memahami Dasar-Dasar Angka dan Bilangan, maka dia akan DENGAN SENDIRINYA dapat CEPAT BERHITUNG dan selamanya akan dapat BERHITUNG DENGAN CEPAT tanpa lupa.

Bahkan mungkin saja anak dapat menemukan sendiri teknik berhitung cepat yang terbaru versi penemuannya. Oleh sebab itu tdak menutup kemungkinan anak dapat berhitung lebih cepat daripada gurunya. Dengan satu syarat : Guru harus menghargai temuan anak tersebut.

– Ana | Math Therapist –

By htmsm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *